Panduan Artikel teraSeni.com


logo teraSeni.com

Redaksi teraSeni.com menerima berbagai jenis tulisan tentang seni budaya, baik yang berupa esai, kritik, feature, maupun berita. Konsentrasi tulisan tampak pada rubrikasi, di mana lima yang utama adalah: (1) Pertunjukan Seni; (2) Festival Seni; (3) Wacana Seni; (4) Tokoh Seni; dan (5) Komunitas Seni. Namun di tempat lain, kami juga menyediakan rubrik yang lebih khusus.

Panjang artikel ideal yang cocok dengan ruang yang tersedia di portal teraSeni.com adalah 700 hingga 1000 kata. Namun demikian, redaksi teraSeni.com akan tetap mempertimbangkan untuk menerbitkan sebuah artikel yang memiliki kurang dari 400 kata atau lebih dari 1000 kata, jika redaksi teraSeni.com memandang artikel tersebut memiliki kelebihan tertentu yang bagus dan baik bagi pembaca.

Panjang setiap paragraf atau alinea yang cocok dengan tampilan portal teraSeni.com adalah antara 3 hingga 5 baris atau antara 35 hingga 50 kata per paragraf. Artikel-artikel yang memiliki banyak paragraf atau alinea yang lebih dari 5 baris akan terlihat kurang menarik karena terkesan sangat panjang pada layar hape atau mobilephone dan android. Jika terdapat artikel yang memiliki lebih dari 5 baris per paragraf atau alineanya, maka redaksi teraSeni.com akan melakukan pemenggalan tanpa mengurangi makna dan arti alinea tersebut.

Redaksi teraSeni.com berharap para penulis memperhatikan tata-bahasa standar, antara lain berkenaan dengan tanda-baca, penggunaan huruf besar dan kecil, serta penggunaan terjemahan yang benar. Kata-kata asing sebaiknya dicari terjemahannya dan dituliskan kata aslinya dalam tanda kurung, atau jika terpaksa, langsung ditulis kata asingnya dan dalam cetak miring (italyc).

Setiap artikel yang diterbitkan di portal teraSeni.com akan disertai sebuah atau lebih foto dan gambar. Karena itu redaksi teraSeni berharap setiap penulis menyertakan foto atau gambar ilustrasi bagi artikelnya, dengan ukuran antara 400x320 pixel hingga 600x425 pixel. Jika foto atau gambar berasal dari pihak ketiga, mohon sebutkan sumbernya dengan jelas.

Setiap penulis dan setiap artikel memiliki kekhasan masing-masing dalam hal pemberian judul. Namun begitu, judul artikel ideal yang cocok dengan ruang di portal teraSeni adalah 6 hingga 10 kata. Jika sebuah artikel memiliki judul kurang atau lebih dari jumlah itu, redaksi teraSeni akan melakukan pengurangan atau penambahan dengan tidak mengurangi makna artikel yang bersangkutan.

Setiap tulisan akan diterbitkan pada portal teraSeni.com berdasarkan tautan label atau tag tertentu. Karena itu, setiap penulis diharapkan memilih antara 2 hingga 5 kategori atau label bagi artikelnya. Mohon cantumkan label tersebut dalam tanda kurung di bawah judul artikel.

Redaksi teraSeni.com akan meminta revisi apabila naskah artikel yang teman-teman kirimkan dipandang tidak memenuhi kaedah standar penulisan artikel dalam Bahasa Indonesia, misalnya memiliki banyak kesalahan tatabahasa, memiliki banyak paragraf yang hanya berisi satu kalimat, menggunakan huruf kapital yang tidak lazim, atau memiliki terlalu banyak kesalahan ketik (typo). Teman-teman penulis disilakan mengirimkan kembali naskah artikelnya apabila sudah diperbaiki.

Redaksi teraSeni.com tidak dapat memuat sebuah artikel yang dengan jelas-jelas berisi iklan atau promosi sebuah produk atau jasa tertentu. Artikel-artikel jenis promosi dan iklan ini dapat dimuat di ruang lain pada portal teraSeni, yakni ruang iklan dan promosi. Redaksi teraSeni juga tidak dapat memuat artikel-artikel yang dipandang jelas-jelas mengandung fitnah, provokasi, atau kebencian, kecuali jika kemudian ada klarifikasi tertentu dari penulisnya tentang kebenaran data dan informasi yang ditulisnya.

Silakan menanyakan informasi lebih lanjut perihal ketentuan tulisan di portal teraSeni.com, jika ada yang dirasa kurang jelas. Pertanyaan dapat dikirimkan melalui formulir kontak, atau langsung ke email redaksi: red.teraseni@gmail.com


 

Siap Mengirim Artikel?


Silahkan kirimkan tulisan teman-teman ke alamat email redaksi:  
red.teraseni@gmail.com

atau inbokskan melalui facebook redaksi:  
https://www.facebook.com/terasenicom

atau lebih rinci silahkan ke halaman kirim artikel ke teraSeni.com

Terimakasih.

Redaksi teraSeni berterimakasih jika teman-teman berkenan meninggalkan komentar, namun mohon untuk meninggalkan komentar yang tidak melanggar batas-batas etika, HAM, SARA dan tindak kriminal. Terimakasih.
EmoticonEmoticon