Penulis teraSeni.com


About Me
Afrizal Harun Perkenalan awal saya dengan teater, terjadi tahun 1995 saat menjadi siswa SMU Plus INS Kayutanam. Fokus saya di bidang teater adalah penyutradaraan, keaktoran dan stage manager. Penulisan esai dan artikel ilmiah menjadi ruang baru yang saya geluti semenjak studi S2 di ISI Surakarta. Saya berharap tulisan saya dapat bermanfaat bagi perkembangan kesenian, khususnya teater di Indonesia.
About Me
Dede Pramayoza Saya mulai mengenal Teater saat duduk di bangku sekolah SMU Plus INS Kayutanam, lewat kegiatan kerohanian. Setamat SMU saya masuk jurusan Seni Teater STSI Padangpanjang, dan selesai tahun 2005 dengan skripsi tentang penyutradaraan Wisran Hadi. Blog bagi saya adalah wahana publikasi gagasan-gagasan saya tentang teater, dramaturgi, seni pertunjukan, dan kebudayaan secara luas.
About Me
Dewi Safrila Saya senang menulis sejak masih kuliah di jenjang S-1. Namun tulisan-tulisan saya baru saya publikasikan belakangan ini, ketika saya sedang melanjutkan pendidikan di Program Pascasarjana sebuah perguruan tinggi seni, dengan konsentrasi utama penciptaan seni tari. Tulisan-tulisan yang lainnya sebagian besar dipublikasikan di portal dan media online.
About Me
Fauza Fitra Hadi Saya seorang yang senang menulis dan melukis, dan mengekspresikan diri saya melalui kedua media tersebut. Saya tinggal di sebuah desa kecil di kaki bukit Harau, 50 Kota, Sumatera Barat, sambil mengajar anak-anak kampung serta berladang. Barangkali karena itu, tulisan-tulisan saya lebih banyak berakhir di dalam harddisk, atau tertulis di atas angin.
About Me
Fitri Noveri Saya memulai dunia tulis-menulis dari puisi dan cerpen, yang saya lakukan karena saya menyukai dendang dan pantun yang saya dengarkan sejak kecil dari tradisi Sijobang. Namun tulisan-tulisan saya tidak pernah saya publikasikan secara luas. Berawal dari urusan kuliah di perguruan tinggi seni, saya akhirnya belajar menulis esai dan artikel, yang terus berlanjut hingga sekarang.
About Me
Frisdo Ekardo Saya bergiat di komunitas pantomime bernama Buluketekmime dan komunitas Sangka Mambaco, yang memberikan bacaan gratis bagi warga kota Batusangka, Sumatera Barat. Saya belajar menulis untuk berbagi pengalaman saya di dunia teater dan pantomime.Selain menulis saya juga beraktifitas sebagai instruktur lokakarya-lokakarya akting dan pantomime.
About Me
Fresti Yuliza Saya mulai tertarik dan belajar menulis tentang seni pertunjukan di Jurusan Seni Tari STSI Padangpanjang. Kegiatan itu berlanjut ketika saya lalu melanjutkan ke Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa Pascasarjana UGM Yogyakarta,dengan konsentrasi kajian tari. Kini saya menulis tentang seni budaya sambil melanjutkan hobi menonton dan memasak kue.
About Me
Michael HB Raditya Saya bergabung dalam sebuah kelompok penulisan bernama CCMP yang bergiat dalam dunia Kritik Seni Pertunjukan. Saya juga menjadi editor di Jurnal Kajian Seni – Jurnal Pengkajian Seni, Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, UGM, Yogyakarta. Tulisan-tulisan saya akhir-akhir ini dipublikasikan di beberapa media cetak lokal yogyakarta dan beberapa situs online.
About Me
Muhammad Fadhli Setelah menamatkan pendidikan di Prodi Seni Teater ISI Padangpanjang, saya beraktivitas sebagai aktor, penulis naskah dan sutradara lepas. Saya turut menginisiasi dan mengorganisir 'Sate Padang', sebuah komunitas yang menyatukan berbagai grup teater di Kota Padang. Saat ini saya bekerja sebagai redaktur dan menulis di salah satu surat kabar lokal Sumatera Barat.
About Me
Muhammad Ilyas Saya menyukai kopi, buku, dan film. Saya mulai menulis esai karena tertarik dengan dunia filsafat, terutama dengan seluk beluk estetika, dan juga pada isu-isu pendidikan kritis. Esai saya pada dasarnya adalah refleksi saya atas bacaan tentang semua hal itu. Saat ini, selain menulis saya sedang menyelesaikan studi di sebuah perguruan tinggi seni, dengan konsentrasi utama kajian seni teater.
About Me
Pinto Anugrah Saya menjadi salah satu anggota tim media center di Galombang Minangkabau, yang didirikan untuk mengulas pelbagai peristiwa seni pertunjukan. Selain itu saya juga menyutradarai. Salah satu karya saya adalah Cati, yang diproduksi oleh Ranah PAC, dan telah meraih Hibah Seni Inovatif dari Yayasan Kelola 2015. Karya tersebut tampil pada Kaba Festival 2016.
About Me
Renee Sariwulan Saya menulis karena menyenangi dunia riset dan kritik tari. Setelah sempat menjadi anggota Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), kini saya melakukan riset secara mandiri terutama tentang hubungan antara sastra, tubuh, budaya, dan tari. Selain di beberapa kumpulan tulisan, saya juga mempublikasikan tulisan saya di media massa cetak maupun online.
About Me
Rika Wirandi Saya mulai mengenal aktivitas tulis-menulis esai seni dan budaya sejak mengambil minat pengkajian seni di Jurusan Karawitan, ISI Padangpanjang. Kegiatan itu kemudian berlanjut karena saya dipercaya mengelola sebuah majalah seni. Saat ini selain menulis di media massa lokal, saya juga bergiat dalam aktivitas penelitian, pengarsipan, dan penulisan seni pertunjukan dan budaya.
About Me
Riyadhus Shalihin Setelah sempat menempuh studi Jurnalistik dan Fotografi, saya mendalami penyutradaraan teater di ISBI Bandung (2010-2015). Saya membentuk dan tergabung dalam Bandung Performing Art Forum (B.P.A.F). Saya mengikuti lokakarya penulisan dan kuratorial Dewan Kesenian Jakarta dan Ruang Rupa (2016), dan kemudian menjadi Redaktur Koran Festival Teater Jakarta-43-2015.
About Me
Roni Keron Setelah menamatkan studi seni musik, saya mendirikan dan bergiat di Ruang Kreatif La Paloma, sebagai General Manager. Saya juga beraktifitas sebagai musisi untuk Orkes Keroncong La Paloma. Payakumbuh, Sumatera Barat. Saya kemudian belajar menulis esai sambil terus bermusik karena kedua aktivitas itu bagi saya adalah ruang 'untuk mengatakan yang tidak terkatakan.'
About Me
Roza Muliati Saya mengawali dunia tulis menulis sejak kuliah di Jurusan Sastra Inggris. Sejak tahun 2006, saya mulai menonton, mengamati, mencatat dan meneliti Seni Tari dan seni pertunjukan secara umum. Tulisan-tulisan saya kemudian lahir, sebagai bentuk kesaksian atas pengalaman menonton seni pertunjukan itu. Saat ini saya sedang menulis disertasi tentang koreografi Minangkabau.
About Me
Sahrul N Saya mulai menulis esai dan kritik seni saat masih duduk di bangku kuliah Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Unand, Padang. Ketika itu saya bergabung sebagai aktor di Teater Langkah Unand dan Bumi Teater Padang. Setelah Studi S2 tentang multikulturalisme dalam teater, baru-baru ini saya menyelesaikan disertasi dengan topik "Estetika Pertunjukan Tater karya Wisran Hadi."
About Me
Susandro Saya menyenangi kajian drama dan estetika. Teater dan drama absurd adalah topik yang paling saya senangi. Pengalaman menulis saya bermula saat masih studi S-1 Seni Teater, ketika saya mulai mengirimkan tulisan-tulisan saya ke beberapa media massa lokal. Saat ini saya melanjtkan kesenangan saya menulis sembari mengajar di sebuah perguruan tinggi seni.
About Me
Siska Aprisia Saya belajar tari di lingkungan tempat tinggal saya di Kota Pariaman. Ketertarikan terhadap tari kemudian membawa saya melanjutkan pendidikan di ISI Padangpanjang. Sejak menempuh pendidikan pasca sarjana seni tari, saya kemudian terdorong pula untuk memperhatikan dan meneliti seni pertunjukan secara luas. Atas dasar itulah kemudian tulisan-tulisan saya mulai lahir.
About Me
Yuliana Fitri Morel Saya adalah mahasiswi semester terakhir sebuah perguruan tinggi seni, dengan minat Kajian Teater. Saya mulai menulis esai seni pertunjukan ketika bergabung dengan sebuah grup diskusi dan penulisan. Selain terus menulis tentang berbagai peristiwa seni dan budaya di sekitar saya, saat ini saya sedang berkonsentrasi pada skripsi saya tentang dramaturgi.
About Me
Mungkin Anda?
About Me
Mungkin Anda?

1 komentar so far

Mungkin saya juga akan menulis di Tera Seni.. Amin..

Redaksi teraSeni berterimakasih jika teman-teman berkenan meninggalkan komentar, namun mohon untuk meninggalkan komentar yang tidak melanggar batas-batas etika, HAM, SARA dan tindak kriminal. Terimakasih.
EmoticonEmoticon