Perihal teraSeni.com


logo teraSeni.com

Portal teraSeni.com adalah sebuah ruang virtual bagi tulisan-tulisan tentang seni budaya di Nusantara, yang bercita-cita menjadi ruang publikasi alternatif bagi banyak penulis seni, terutama untuk mengembangkan tradisi menulis esai dan kritik seni dan budaya yang ringan, inspiratif, namun tetap berkualitas. Portal teraSeni.com hadir di tengah persoalan minimnya ruang siar bagi tulisan-tulisan seni, sementara di sisi lain informasi seputar seni budaya sangat minim atau bahkan hanya menjadi informasi singkat tanpa gizi bagi masyarakat.

Portal teraSeni.com berharap dapat menjadi ruang yang memadai bagi para penulis seni untuk menyiarkan berbagai pengalaman, gagasan, pandangan dan pikiran tentang seni dan lintas seni di Indonesia, semacam wahana dan ajakan ngeblog bersama dari berbagai penulis seni yang sama-sama bercita-cita mempublikasikan seni secara luas ke masyarakat, menjaring kerjasama lintas-seni, dan turut memajukan seni-budaya dengan memberi ruang pada gagasan-gagasan inspiratif dan alternatif, yang mungkin kurang mendapatkan tempat di media-media utama.

Dengan cara itu, teraSeni.com berharap dapat menyediakan bacaan berupa informasi sekaligus pengetahuan bagi masyarakat yang mencari dan mendambakan tulisan berkualitas tentang seni budaya masakini, antara lain perihal pentas seni, peristiwa seni, tokoh seni, serta komunitas dan grup seni, dalam langgam esai, kritik, maupun fitur. Namun teraSeni.com juga akan memuat tulisan-tulisan dengan gaya, topik dan jenis lain yang dipandang mencerahkan dan memberi inspirasi bagi pembaca.

Kami menamai portal ini teraSeni.com dengan menggabungkan tiga kata yakni 'teras,' 'tera,' dan 'Seni.' Melalui pilihan diksi itu, kami bermaksud menjadi 'teras' dari sebuah rumah bernama 'Seni,' di mana orang dapat berkunjung setiap waktu dan mencari berbagai informasi dan bacaan awal perihal seni, sebelum kemudian mereka memasuki rumah 'Seni' itu lebih ke dalam. Selain itu, kami juga bermaksud menjadi bidang di mana orang bisa me-(n)'tera'-kan berbagai tanda, goresan, dan catatan penting dan berharga tentang 'Seni' (dengan 'S' besar).

Jika teman-teman adalah penulis tentang seni budaya, maka silakan menjadikan portal teraSeni.com sebagai ruang untuk menerbitkan dan menyiarkan tulisan-tulisan teman-teman. Teman-teman dapat menulis apa saja tentang seni dan budaya, atau bisa mengikuti rubrik yang kami sediakan, meliputi: (1) Pertunjukan Seni; (2) Festival Seni; (3) Wacana Seni; (4) Tokoh Seni; dan (5) Komunitas Seni.

Silakan kirimkan artikel teman-teman kepada redaksi teraSeni.com via: red.teraseni@gmail.com (secara rinci baca: halaman panduan artikel teraSeni.com dan halaman kirim artikel ke teraSeni.com). Setiap tulisan yang masuk dan dianggap layak terbit, selain diterbitkan melalui portal teraSeni.com juga akan disiarkan melalui berbagai akun media sosial teraSeni.com. Portal teraSeni.com diharapkan dapat dibaca oleh masyarakat umum dari berbagai kalangan dan latar belakang sebagai informasi publik yang dapat diakses secara cuma-cuma.



Redaksi teraSeni berterimakasih jika teman-teman berkenan meninggalkan komentar, namun mohon untuk meninggalkan komentar yang tidak melanggar batas-batas etika, HAM, SARA dan tindak kriminal. Terimakasih.
EmoticonEmoticon